6 Cara Ampuh Mencegah Pemborosan Saat Belanja

6 Cara Ampuh Mencegah Pemborosan Saat Belanja

Berbelanja merupakan kegiatan yang menyenangkan, dengan berbelanja Anda dapat membeli segala keperluan yang dibutuhkan. Saat belanja kerapkali Kita membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan, hanya karena tergoda dengan diskon atau karena barang tersebut menarik perhatian mata, tentunya hal ini membuat pengeluaran semakin membengkak. Padahal uang yang dikeluarkan dapat digunakan untuk keperluan lain seperti untuk berlibur atau ditabung untuk keperluan dimasa yang akan datang.

Kami telah menyiapkan trik untuk mencegah pemborosan saat berbelanja. Apa saja? Baca ulasannya berikut ini.

1. Bawalah Uang Secukupnya

Bawalah Uang Secukupnya

Bagi Anda yang biasa membawa uang lebih saat belanja, sekarang Anda harus biasakan membawa uang secukupnya. Membawa uang lebih saat berbelanja memang sah-sah saja untuk mengindari adanya kenaikan harga yang tidak terduga. Namun, jika membawa uang lebih juga dapat mendorong Anda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Hindari pemborosan dengan mengambil uang secukupnya di ATM, dengan begitu Anda hanya membelanjakan uang yang telah Anda ambil. Jangan berpikiran untuk ‘sekalian’ ambil uang banyak, karena hal ini akan membuat Anda menjadi lebih boros, tanpa disadari Anda akan membelanjakan uang yang telah diambil.

2. Belanjalah di Pasar atau Supermarket Grosir

Belanjalah di Pasar atau Supermarket Grosir

Bukan rahasia lagi jika belanja di pasar jauh lebih murah dibandingkan belanja di supermarket, jadi alangkah lebih baik Anda membiasakan diri berbelanja di pasar. Mungkin Anda berpikir harganya tidak jauh beda dengan di supermarket, padahal walau hanya selisih beberapa ribu saja itu dapat disimpan untuk kebutuhan lainnya.

3. Hindari Penggunaan Trolley

Hindari Penggunaan Trolley

Ketika Anda berbelanja di supermarket hindari penggunaan trolley, mengapa demikian? Karena percaya atau tidak Anda akan membel banyak barang yang sebetulnya belum bahkan tidak Anda butuhkan. Contohnya saja, Anda berniat membeli sayuran dan buah, ketika sampai pada bagian perlengkapan lain pasti Anda akan lapar mata untuk membelinya. Space trolley yang muat banyak barang ajan membuat Anda berpikiran untuk terus membeli barang.

4. Jadilah Member Supermarket

Jadilah Member Supermarket

Jika dengan menjadi member Anda akan mendapat keuntungan seperti potongan harga, atau gratis produk tertentu, apa salahnya jika Anda membuat member card. Dengan begitu, Anda dapat menghemat pengeluaran. Jangan lupa untuk menanyakan apa keuntungannya dari member card tersebut dan memahami ketentuan dan syarat yang berlaku.

5. Acuhkan Tawaran Saat Membayar

Acuhkan Tawaran Saat Membayar

Saat ini banyak sekali penawaran yang biasa Anda temui ketika sudah berada di depan kasir seperti, isi ulang pulsa, promo produk dan lain-lain. Tolaklah penawaran tersebut sedang sopan, jika penjaga kasir tetap menawarkan ucapkanlah terima kasih. Dengan begitu Anda akan terhindar dari pemborosan saat berbelanja.

6. Cari Informasi Tentang Garage Sale atau Cash Back

Cari Informasi Tentang Garage Sale atau Cash Back

Untuk yang hobi belanja tidak ada salahnya untuk berbelanja di Garage sale. Biasanya harga barang yang dijual lebih murah dari harga semula. Namun jangan juga Anda khilaf dengan membeli banyak barang. Atau Anda juga dapat memanfaatkan cash back yang saat ini marak ditawarkan oleh perusahaan e-commerce, dengan adanya cash back Anda akan mendapatkan keuntungan serta dapat menghemat pengeluaran tentunya.

Demikan tips cara ampuh mencegah pemborosan saat belanja. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Bagikan untuk teman: