5 Cara untuk Mengamankan Smartphone Dari Hacker

5 Cara untuk Mengamankan Smartphone Dari Hacker

Para pemilik bisnis kecil sangat menyadari bahwa melindungi aset yang dimiliki adalah prioritas utama. Sayangnya, banyak pengusaha yang kurang memahami tentang cybersecurity. Beberapa pemilik usaha merasa yakin bahwa mereka tidak mungkin menjadi target hacker karena mereka menganggap hacker lebih cenderung menargetkan perusahaan besar, karena biasanya perusahaan besar memiliki lebih banyak aset untuk dicuri.

Biasanya pebisnis menyimpan informasi penting perusahaan di laptop dan juga pada perangkat seluler seperti smartphone, untuk menyelesaikan pekerjaan. Smartphone yang digunakan oleh pebisnis atau karyawan  digunakan untuk berbagai operasi komersial seperti: mengontrol inventaris, menghubungi klient,memasang iklan dan pemasaran, M Banking dan banyak lagi. Itu semua dapat menjadi aset data berharga yang dapat ditargetkan oleh hacker. Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk melindungi data perusahaan Anda. Berikut adalah 5 cara sederhana untuk mengamankan data pada smartphone untuk bisnis kecil Anda.

Perbarui OS dan aplikasi Anda segeraPerbarui OS dan aplikasi Anda segera

Sebagian besar orang menunda atau mengabaikan pembaruan sistem operasi dan pembaruan aplikasi pada smartphonenya, melakukannya secara teratur dapat mencegah hacker untuk mengambil alih data pada smartphone Anda. Hacker mengetahui bagaimana mengidentifikasi dan mengeksploitasi kerentanan dalam sistem data perusahaan. Perbaikan dilakukan guna meningkatkan keamanan perangkat Anda. Semakin lama Anda menunggu untuk memperbarui telepon atau laptop, semakin mudah pula perangkat Anda menjadi target sasaran untuk diretas.

Pastikan karyawan Anda memahami bahwa mereka diharapkan dapat mengambil tindakan pencegahan keamanan saat menggunakan smartphone dan tablet mereka, termasuk rutin memperbarui aplikasi.

Kunci perangkat AndaKunci perangkat Anda.

Tentu  jauh lebih mudah untuk Anda mengakses email, kamera, teks, dan fitur lainnya dengan lebih cepat tanpa mengunci ponsel, tablet dan juga laptop. Tetapi hal ini tentu akan mempermudah orang asing membuka ponsel Anda jika ponsel tidak sengaja tertinggal di kursi bus atau di kedai kopi, bisa saja orang yang menemukannya memanfaatkan aplikasi bisnis, kontak, sosial media dan bahkan informasi perbankan Anda.

Untuk mencegah hal itu terjadi, gunakan kode sandi empat atau enam digit atau buat kode alfanumerik yang lebih panjang sehingga jika Anda kehilangan ponsel, orang asing tidak bisa membuka seluruh infomasi bisnis Anda. Memanfaatkan verifikasi sidik jari dan identifikasi wajah juga merupakan pilihan yang sangat baik, karena lebih cepat dan lebih mudah daripada menghafal kode untuk membuka perangkat. Pastikan juga Anda melindungi semua aplikasi seluler yang berisi data pribadi, seperti perbankan, email, dan akun Amazon Anda. Dan jangan gunakan kata sandi yang sama untuk semua akun Anda, sesekali Anda juga dianjurkan untuk mengubah kata sandi Anda.

Memanfaatkan manajemen perangkatMemanfaatkan manajemen perangkat.

Baik Apple maupun Google saat ini telah memiliki fitur untuk menemukan ponsel yakni Find My iPhone dan Android Find My Device, yang dapat menemukan ponsel Anda pada map dan menonaktifkannya secara otomatis. Layanan ini juga dapat membuat ponsel Anda berdering, hal ini dapat membuat pencuri khawatir. Anda bahkan dapat mengatur dari jauh agar ponsel untuk menghapus semua idata didalamnya setelah lima hingga 10 orang asing tersebut mencoba membuka ponsel dengan menggunakan kode sandi palsu.

Gunakan Wi-Fi dengan bijakGunakan Wi-Fi dengan bijak

Kebanyakan orang tidak berpikir dua kali untuk menggunakan Wi-Fi pada area publik secara gratis. Namun untuk para pebisnis Anda patut berhati-hati, karena data pada ponsel Anda bisa saja diretas oleh Hacker. Namun menggunkan koneksi Wi-Fi pada perangkat Anda di hotel atau di tempat khusus biasanya dapat menjaga keamanan pengguna Wi-Fi mereka. Hindari penggunaan Wi-Fi gratis di area yang ramai seperti pusat perbelanjaan, kafe, dan bandara karena hal itu dapat memungkinkan hacker untuk meretas perangkat Anda.

Gunakan two factor authenticationGunakan two factor authentication

Two factor authentication (2FA) adalah salah satu opsi keamanan yang paling tidak disukai. Karena seperti namanya, hal tersebut memerlukan langkah ekstra untuk mengamankan ponsel. Namun, two factor authentication menawarkan penjagaan yang ketat yang bertujuan orang lain mengalami kesulitan dalam mengakses perangkat Anda. Two factor authentication sekarang jauh lebih mudah digunakan berkat pemindai biometrik dan fitur penyimpanan kata sandi sehingga memudahkan Anda jika melupakan kata sandi tersebut.

Demikian tips yang dapat Amicis berikan tentang 5 cara untuk mengamankan smartphone Anda dari hacker. Semoga bermanfaat.

Bagikan untuk teman: