5 Hal Kenapa Mobile Commerce Penting Bagi Perusahaan

5 Hal Kenapa Mobile Commerce Penting Bagi Perusahaan

Apa itu Mobile Commerce? Sebelum kita bicara lebih jauh, yang harus kita sadari adalah seiring bergantinya zaman, teknologi pun kian berkembang dengan sangat pesat. Kini, segala kemudahan dapat tersedia untuk kita dari perangkat yang bahkan berukuran lebih kecil dari remote televisi di rumah. Perkembangan teknologi ini pun kemudian memunculkan berbagai macam trend, salah satunya adalah M-Commerce atau mobile commerce.

Jika sebelumnya Anda pernah mendengar tentang e-commerce atau electronic commerce, mobile commerce kurang lebih memiliki konsep yang sama. Hanya saja, jika e-commerce dapat dilakukan lewat berbagai macam perangkat elektronik, mobile commerce hanya berfokus untuk memberikan kemudahan lewat perangkat elektronik mobile atau gadget, seperti smartphone atau tablet.

Tren mobile commerce ini berkembang dengan sangat pesat dan terbukti sangat efektif untuk bisnis. Inilah beberapa alasan mengapa kini mobile commerce menjadi penting dan mengapa semua perusahaan bisnis online seharusnya mengikuti tren baru ini.

1. Smartphone Era

Berkat kemajuan teknologi, Anda pasti kini telah akrab dengan perangkat bernama smartphone. Ponsel pintar ini telah menjadi tren paling besar dalam beberapa tahun terakhir ini. Menurut laporan Internet Trends 2014, pengguna smartphone telah meningkat pesat selama beberapa tahun belakangan ini. Bahkan, lebih dari 30% pengguna ponsel di dunia adalah pengguna smartphone dan persentasenya masih terus meningkat hingga kini. Selain itu, 15 persen dari pengguna ponsel pintar melakukan kegiatan belanja yang paling umum tiap bulannya dari smartphone mereka, yakni meneliti produk dan membandingkan harga. Hal ini kemudian menunjukkan bahwa m-commerce memiliki potensi yang sangat besar di pasar dunia sehingga menjadi peluang yang sangat besar pula bagi banyak perusahaan untuk berkembang.

2. Mobile vs Desktop

Jika tren e-commerce telah menjadi fenomena baru beberapa tahun belakangan, kini dunia telah mulai beralih ke tren m-commerce. Kebutuhan akan akses akan berbelanja menjadi lebih besar, sehingga m-commerce muncul menjadi jawabannya. Jika dibandingkan dari segi kemudahan akses, perangkat mobile seperti smartphone atau tablet tentu saja mengalahkan laptop atau PC, mengingat ukuran kedua jenis perangkat yang jauh berbeda. Dengan adanya smartphone, akses untuk berbelanja lewat internet akan jauh semakin mudah dan besar, karena kini mereka dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja tanpa harus menyediakan ruang khusus. Terlebih lagi, efisiensi waktu yang juga menjadi kebutuhan besar di zaman ini dapat disediakan oleh m-commerce, karena Anda tidak perlu menunggu waktu tertentu untuk menggunakan laptop atau PC terlebih dulu untuk mengakses website tertentu.

3. Serba Mobile

Kini, segalanya bisa Anda lakukan lewat smartphone canggih Anda. Misalnya saja, proses berbelanja yang dulunya mengharuskan Anda untuk pergi ke toko, berjalan memilih-milih baju, dan membayar baju di kasir, kini dapat Anda lakukan semuanya lewat smartphone di rumah sambil bersantai. Penduduk dunia yang telah mengenal smartphone juga telah mengenal kemudahan, sehingga kini kemudahan dari perangkat mobile telah menjadi sebuah kebutuhan. Alangkah besar peluang bagi sebuah perusahaan untuk berkembang jika mampu menyediakan fasilitas kemudahan ini bagi pelanggannya, karena prosesnya mudah dan dapat dilakukan dari smartphone saja.

4. Mengalahkan Kompetitor

Sayangnya, walaupun potensi dari tren m-commerce sudah terlihat sangat jelas, masih banyak perusahaan yang belum menyediakan fasilitas m-commerce atau halaman website yang mobile-friendly. Pada banyak kasus, hal ini kemudian menjadi nilai minus di mata pelanggan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kemudahan kini telah menjadi kebutuhan bagi penduduk di dunia. Pelanggan akan dengan mudahnya memilih untuk tidak membeli produk atau menggunakan jasa Anda saat mereka tidak memiliki akses dari perangkat smartphone atau tablet mereka. Maka, beralih ke m-commerce atau menyediakan halaman website yang mobile-friendly akan menjadi nilai plus untuk perusahaan Anda sehingga dapat mengalahkan para kompetitor Anda yang sayangnya belum menyediakan fasilitas tersebut. Salah satu perusahaan yang telah meluncurkan halaman website yang mobile-friendly adalah Kaskus. Diluncurkannya halaman website yang mobile-friendly memungkinkan para pengguna Kaskus untuk lebih mudah dan cepat mengakses website tersebut.

5. Persepsi terhadap Perusahaan

Jangan salah, ketersediaan fasilitas mobile bukan sekedar akan meningkatkan penjualan atau menarik lebih banyak konsumen. Adanya fasilitas mobile dari sebuah perusahaan dapat memengaruhi persepsi tentang perusahaan di mata pelanggannya. Menurut sebuah penelitian, tidak memiliki halaman website yang mobile-friendly dapat merusak penilaian pelanggan terhadap sebuah perusahaan. Menurut 52 persen pengguna smartphone, pengalaman mobile yang buruk dari sebuah perusahaan membuat mereka merasa kurang terhubung dengan perusahaan tersebut. Sementara itu, 48 persen pengguna smartphone menilai sebuah perusahaan tidak memperdulikan bisnisnya jika tidak memiliki website yang mobile-friendly. Sebuah penelitian lain juga menunjukkan bahwa pengalaman mobile yang baik dari sebuah perusahaan dapat memperbaiki persepsi sebuah perusahaan atau merk hingga 61 persen dari pelanggannya.

Artikel ini pertama kali di terbitkan di LinkedIn.

Bagikan untuk teman: