Sertifikat SSL eCommerce Untuk Keamanan Bertransaksi

Sertificate SSL

Teknologi membuat gaya hidup sebagian masyarakat di Indonesia mengalami perubahan. Perubahan tersebut memicu hal-hal yang serba ingin cepat. Perubahan gaya hidup tersebut sebagai contoh, masyarakat lebih senang melakukan online shop yang menggunakan platform eCommerce karena menawarkan berbagai kemudahan, cepat, dan tidak ribet. Lihat saja situs belanja online yang membanjir karena ulah pelanggan, seperti Lazada yang bisa meraup untung dengan cepat pula. Bahkan yang terbarukan saat ini adalah mal muslim terbesar di Indonesia seperti HijUp yang mengaku mendapat keuntungan yang sangat besar karena menjalanankan bisnis e-Commerce. Dalam hal ini bisa terlihat bahwa sebenarnya antara pemilik e-commerce dan pelanggan dalam hal ini adalah pembeli sama-sama mengalami keuntungan dengan adanya perubahan ini.

Tidak dapat dipungkiri, salah satu alat menjalankan bisnis e-commerce adalah website. Apakah website tersebut aman untuk anda? Apakah data-data anda aman? Sebaiknya anda berhak tahu sertifikat SSL keamanan yang digunakan oleh mereka. Namun sebagai orang awam yang tidak melek digital secara mendalam, anda bisa menelusuri dengan mudah, bagaimana website itu aman atau tidak. Bila anda pengguna Chrome, anda tidak perlu khawatir, karena Chrome bekerja sangat cepat untuk membantu anda. Pihak Chrome akan mendeteksi website yang aman dan tidak aman. Berikut adalah 4 icon yang menunjukkan website yang anda kunjungi aman atau tidak:

Sertificate SSL Di Chrome

Berdasarkan tabel ikon di atas, apakah website langganan yang anda percaya benar-benar aman? Dalam tabel di atas disebutkan bahwa sebuah website terbukti aman dengan menggunakan SSL. Sebenarnya apa itu Sertifikat SSL?

Sertifikat Keamanan Website

Sertifikat Keamaan Website biasa dikenal dengan sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) adalah teknologi keamanan standar untuk membangun link yang sudah di enkripsi antara web server dan browser. Link ini memastikan bahwa semua data yang melewati antara web server dan browser tetap aman dan integral. Pengertian SSL adalah suatu standar industri dan digunakan oleh jutaan situs dalam perlindungan dari transaksi online mereka dengan pelanggan. Apakah pihak agen tiket online yang anda percaya menggunakan Sertifikat SSL.

Pentingnya SSL dalam E-commerce

Jika anda biasa belanja secara online, anda tentu tahu bahwa banyak sekali data pribadi yang anda masukkan, salah satunya adalah data rekening ataupun kartu kredit. Data tersebut harus aman jika masuk ke wilayah website mereka. Tujuannya sederhana, agar data personal anda tidak dicuri. Maka pentingnya Sertifikat SSL menjadi syarat mutlak yang wajib anda ketahui sebelum melakukan pemesanan tiket. Perlu diketahui bahwa e-commerce yang baik harus memiliki standar keamaan yang sama seperti SSL.

Jaminan Keamanan

Penggunaan Sertifikat SSL menjadi sangat penting karena disamping data aman, pelanggan pun senang. Disebuah survey yang diselenggarakan oleh Nielsen pada tahun 2014, Quartal pertama, para pelanggan belanja online mengungkapkan bahwa mereka tidak percaya jika harus memberikan informasi pribadi kepada pihak perusahaan e-commerce, terutama mengenai kartu kredit secara online. Oleh karena itulah, diperlukan sebuah sertifikasi keamanan yang jelas supaya pelanggan tenang saat berbelanja. Transaksi online aman menjadi magnet tersendiri bagi pelanggan. Pelanggan akan datang kembali karena telah mempercayakan sebuah website untuk dikunjungi bahkan website tersebut bisa digunakan untuk bertransaksi.

SSL dalam e-commerce menjadi kunci sebuah website akan berumur panjang atau tidak. Dengan SSL e-commerce anda yang ingin sesegera mungkin mencari tiket pesawat murah misalnya, menjadi merasa dilindungi. Berkat SSL e-commerce juga, data-data anda sangat aman. Apalagi jika anda memasukkan beberapa data personal saat melakukan booking ticket, seperti rekening bank anda maupun kartu kredit anda. Jelas, hal ini tidak ada yang perlu dicemaskan lagi. Ingat cek dulu sebelum booking, dengan SSL keamaan transaksi online anda terlindungi.

Sumber : LinkedIn

Bagikan untuk teman: