4 Trend Teknologi yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran

Ungkap 4 Trend Teknologi yang Dapat Mempengaruhi Strategi Pemasaran

Di jaman modern saat ini, banyak sekali alat penunjang yang digunakan untuk melancarkan sebuah bisnis dari tahun ke tahun. Contohnya saja dengan mengiklankan suatu brand atau produk di surat kabar. Mungkin cara itu sudah sangat sering digunakan sejak lama, namun ternyata ada cara yang lebih ampuh untuk memasarkan produk yaitu dengan memanfaatkan digital marketing.

Beberapa kemajuan teknologi digital marketing pada umumnya digunakan pada perusahaan besar, tetapi saat ini bisnis kecil pun ternyata sudah bisa belajar dari pengembangan strategi pemasaran perusahaan besar. Apa saja sih trend tersebut? Yuk simak ulasan tentang 4 trend teknologi yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran Anda.

Konten Pemasaran

Konten Pemasaran

Konten pemasaran bukanlah sesuatu yang baru dalam dunia digital marketing, tetapi konten pemasaran akan terus menjadi alat pemasaran yang cukup baik untuk usaha kecil. Dengan menambahkan blog ke dalam situs website, Anda dapat menciptakan minat pada produk sambil membangun sebuah merek. Tulislah topik menarik untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan.

Buatlah konten yang berisi kiat-kiat bagaimana cara berbisnis yang baik hingga mencapai kesuksesan, informasi tentang berbisnis dan lain-lain. Setelah Anda membuat konten pemasaran tersebut, postinglah dengan menggunakan gambar yang menunjang untuk menarik isi konten, dengan begitu pengunjung website tidak akan bosan membaca isi dari konten tersebut.

Chatbots

Chatbots

Chatbots adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan intelektual dengan atau beberapa orang baik secara audio maupun teks. Karena ketika Anda memasuki ranah bisnis online, pelanggan tentunya menginginkan pertanyaan yang mereka ajukan dibalas dengan cepat siang dan malam. Penggunaan chatbots dirasa tepat karena akan memberikan informasi yang diperlukan oleh pelanggan. Seperti potongan harga, mengadakan event dan lain-lain.

Chatbot yang didukung AI dapat digunakan untuk dukungan pelanggan, karena AI dapat memperluas strategi kontak secara dramatis dengan pesan yang terkontrol. Chatbots menawarkan manfaat tambahan karena dapat mengumpulkan, menganalisis, dan menyediakan data yang dapat ditindak lanjuti serta dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Pencarian Melalui Suara

Pencarian Melalui Suara

Anda pernah melakukan pencarian pada google menggunakan suara? Yup, memang dengan adanya layanan suara dalam mesin pencarian mempermudah seseorang dalam menemukan situs website atau materi konten pemasaran, seperti Amazon dan Alexa. Menurut google, pencarian melalui suara sudah digunakan lebih dari 50%. Namun di Indonesia pencarian melalui suara tidak terlalu digemari karena terkadang sistem perekam suara tidak mendetect dengan baik apa yang dikatakan. Sehingga pengguna tetap memilih mengetik pada kolom mesin pencarian.

Analisis Data dan Produk

Analisis Data dan Produk

Setiap pebisnis harus belajar bagaimana menggunakan data yang telah dikumpulkan dengan lebih baik dan benar. Salah satu caranya adalah dengan mengumpulkan testimonial dari pelanggan yang telah membeli produk Anda, setelah itu data produk apa saja yang paling laris dan kurang laris. Dengan begitu Anda dapat menentukan produk best seller yang dapat Anda cantumkan pada website atau media sosial sehingga dapat menarik perhatian. Jangan lupa share juga testimonial dari pelanggan sehingga pengunjung website atau media sosial bisnis Anda mempercayai kualitas produk yang Anda jual.

Setelah menenentukan produk best seller, Anda dapat menganalisis hasil penjualan serta merencanakan planning untuk bulan yang Akan datang dengan melihat data produk mana yang paling laris dan kurang laris. Jangan lupa membuat inovasi dalam bisnis Anda sehingga para pelanggan ataupun calon pelanggan tidak akan bosan denga produk yang Anda tawarkan. Ubahlah template untuk memasarkan produk di media sosial secara berkala, karena itu merupakan salah satu cara mudah yang dapat Anda lakukan. Selamat mencoba.

Bagikan untuk teman: