Twitter untuk Bisnis: Semua yang Harus Diketahui

Twitter untuk Bisnis: Semua yang Harus Diketahui

Twitter adalah media sosial dan platform berita online tempat orang berkomunikasi dalam pesan pendek hingga 240 karakter yang disebut tweet. Didirikan pada tahun 2006, Twitter sekarang menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia. Saat ini menempati peringkat No. 8 di Amerika Serikat dan No. 13 secara internasional, menurut perusahaan analisis internet Alexa. Jika Anda baru mengenal Twitter atau ingin mulai menggunakan platform ini untuk meningkatkan bisnis, Anda bisa membaca ulasan berikut.

Menyiapkan Twitter untuk bisnis

Menyiapkan Twitter untuk bisnis

Ada enam bagian untuk profil Twitter yakni: nama pengguna, foto profil, bio, foto header dan tweet yang disematkan. Semua elemen ini harus bekerja secara kohesi untuk membuat representasi bisnis Anda yang akurat. Nama pengguna dapat dibuat hingga 15 karakter dan akan membantu orang menemukan bisnis Anda dengan mudah. Foto profil Anda harus secara visual mewakili bisnis dan merek Anda.

Untuk bio, Anda memiliki 160 karakter untuk menggambarkan bisnis Anda. Sertakan informasi seperti lokasi Anda, jam kerja, dan tautan ke situs web Anda. Foto header gambar profil Anda dapat digunakan untuk menyoroti promosi, acara, atau berita tentang bisnis Anda.

Gunakan tagar

Gunakan tagar

Tagar memberikan kesempatan untuk pengguna dapat menandai kata atau frasa pengidentifikasi yang mengelompokkan ratusan (atau ribuan) tweet secara bersamaan. Mereka dapat dicari dan menawarkan teman yang sempurna untuk acara langsung. Tagar adalah cara yang bagus untuk meningkatkan visibilitas konten Anda di luar pengikut Anda sendiri. Ada banyak tagar populer yang akrab dengan sebagian besar pengguna Twitter, seperti #FollowFriday dan #ThrowbackThursday.

Anda juga dapat membuat tagar sendiri untuk menarik perhatian untuk merek Anda, walaupun mungkin saja itu sebenarnya tidak menarik. Banyak merek menggunakan topik yang sedang trending untuk berkontribusi dalam percakapan atau menjual produk mereka.

Gunakan tagar yang relevan misalnya, jika Anda berkicau tentang memulai bisnis, Anda dapat menggunakan tagar #entrepreneurship. Anda juga harus membatasi berapa banyak tagar yang Anda gunakan. Semakin banyak Anda menggunakan tagar, semakin kecil kemungkinan orang untuk berinteraksi dengan konten Anda, karena mereka akan menemukan posting Anda seperti spam.

Anda juga harus lihat kotak trending setiap hari. Kotak tren memberikan banyak inspirasi tentang apa yang harus dibagikan dengan pengikut Anda. Pastikan itu relevan dan Anda menggunakan fase tren atau tagar.

Menangani masalah melalui pesan langsung.

Menangani masalah melalui pesan langsung

Pesan langsung atau DM telah berkembang selama bertahun-tahun, terutama untuk suatu merek. Cara Anda berinteraksi dengan klien penting untuk mengatasi masalah dan menangani masalah. Cerdas untuk menangani pelanggan melalui DM karena beberapa alasan. Pertama, Anda tidak ingin pengguna lain melihat apa permasalahnya. Juga, tidak ada batasan karakter pada DM, yang memberi Anda kebebasan untuk membantu pelanggan dengan baik tanpa dibatasi pada sejumlah karakter tertentu.

Secara default, hanya pengguna yang Anda ikuti yang dapat mengirimi DM. Anda dapat mengatur akun Twitter Anda untuk menerima pesan dari siapa saja, sehingga memudahkan semua pelanggan untuk menghubungi Anda. Cukup buka Pengaturan Privasi dan aktifkan terima pesan langsung dari siapa pun.

 Gunakan foto atau gif

 Gunakan foto atau gif

Twitter memungkinkan pengguna untuk menambahkan hingga empat foto untuk sekali pos. Anda juga dapat membuat grafik untuk ditambahkan ke tweet Anda. untuk Anda yang bukan jagoan Photoshop, ada banyak alat online yang membantu Anda membuat gambar yang Anda butuhkan.

Menggunakan foto dan GIF dengan tweet Anda adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan pengikut. Twitter memiliki keyboard GIF bawaan yang dapat Anda pakai. Cari kata kunci dan pilih klip yang paling sesuai dengan tweet Anda.

Terlibat dengan pengikut sangat penting di Twitter untuk menjaga konsumen tertarik pada merek Anda. Satu cara yang menyenangkan untuk melibatkan pengikut Anda adalah dengan membuat polling. Susun pertanyaan Anda dan pilih tanggapannya. Kemudian klik kotak Tulis di bagian atas timeline Beranda Anda. Selanjutnya, klik ikon tambahkan poll yang terlihat seperti grafik horizontal. Masukkan pertanyaan Anda ke dalam kotak penulisan utama. Kemudian masukkan opsi jajak pendapat pertama Anda ke Pilihan 1 dan opsi kedua ke Pilihan 2. Anda dapat mendaftar hingga empat opsi dalam jajak pendapat Anda, dan setiap opsi harus 25 karakter atau kurang. Polling tetap aktif selama 24 jam secara default, tetapi Anda dapat mempersingkat jangka waktu itu jika Anda mau.

Tweet live

Tweet live

Tweet live adalah cara lain untuk mendapatkan trending topik di Twitter. Pada dasarnya, tweeting live adalah ketika pengguna tweet reaksinya terhadap acara langsung seperti yang terjadi, apakah itu berita atau terkait hiburan. Ketika mereka mengadakan acara dan ingin peserta mereka tinggal tweet saat mereka di sana, merek sering membuat tagar sendiri untuk digunakan dan dibagikan dengan daftar undangan sehingga orang lain dapat mengikuti.

Tweet langsung paling sering terjadi dengan acara TV dan acara televisi. Tidak jarang selama acara seperti ini untuk melihat kotak tren diisi dengan topik terkait – misalnya, dalam kasus Oscar, Anda mungkin melihat tagar acara penghargaan resmi terdaftar bersama dengan nama-nama selebriti dan film yang memenangkan penghargaan besar. Saat Anda tweet secara langsung atau menggunakan beberapa tweet untuk topik yang sama. Ini memudahkan pengguna untuk mengikuti seluruh percakapan.

 Berinteraksi dengan influencer dan pelanggan

 Berinteraksi dengan influencer dan pelanggan

Sangat penting untuk berinteraksi dengan orang yang tepat di Twitter. Karena dengan Anda terlibat dengan pelanggan, Anda akan membuat mereka bahagia dan pelanggan potensial untuk membantu mereka belajar tentang bisnis Anda. Mungkin ada orang lain, seperti jurnalis atau influencer, yang juga ingin Anda fokuskan. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan membuat daftar Twitter agar Anda tidak mengulang berinteraksi pada akun infuencer yang sama setiap harinya.

Bagikan untuk teman: