Fitur Instagram Untuk Penyandang Gangguan Penglihatan

Fitur Instagram Untuk Penyandang Gangguan Penglihatan

Mungkin beberapa dari Anda telah mengetahui fitur automatic alternative text dan custom alternative text. Namun tidak semua pengguna Instagram tidak mengetahui apa fungsi dari dua fitur tersebut. Fitur ini mulai diperkenalkan Instagram pada tahun 2018 akhir, untuk mengetahui lebih lanjut tentang dua fitur ini, berikut Kami berikan ulasan tentang Automatic Alternative Text dan Custom Alternative Text.

Automatic Alternative Text

Automatic Alternative Text

 

Berdasarkan informasi dari Instagram, fitur ini ditujukan untuk penyandang gangguan penglihatan, fitur ini berteknologi Al (Artifical Intelligence) yang mampu membacakan atau memperdengarkan informasi deskripsi gambar yang dibagikan pada halaman feed, explore, maupun gambar pada halaman profil, saat pengguna Instagram menggunakan layanan pembaca layar pada smartphone-nya.

Cara penggunaan Automatic Alternative Text

Cara penggunaan Automatic Alternative Text

 

Penggunaan fitur ini sebenarnya sangatlah sederhana, jika Anda pengguna Android cukup aktifkan fitur pembaca layar atau screen reader Google TalkBack yang telah berganti nama menjadi Android Accessibility Suite. Kemudian, saat Anda neyoroti sebuah gambar di Instagram, secara otomatis Instagram akan membaca deskripsi pada gambar tersebut.

Custom Alternative Text

Custom Alternative Text

Jika diatas telah dijelaskan tentang Automatic Alternative Text, kali ini Kami akan jelaskan tentang Custom Alternative Text. Fitur ini berfungsi sebagai sarana untuk pengguna social media khususnya Instagram agar dapat menambahkan deskripsi dibalik sebuah gambar atau yang lebih familier disebut dengan istilah Alt Text, dimana informasi yang terdapat pada deskripsi yang ditambahkan oleh pengguna akan dibacakan oleh Instagram kepada pengguna lainnya.

Cara Menggunakan Custom Alternative Text

  • Untuk bisa menambahkan deskripsi pada gambar menggunakan fitur Instagram custom alternative text ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.
  • Pertama Anda bisa mengambil sebuah gambar dengan kamera Instagram atau mengunggah gambar dari galeri smartphone Anda
  • Selanjutnya, seperti umumnya usai menambahkan gambar, Anda bisa menerapkan filter dan mengedit gambar terlebih dahulu
  • Sebelum gambar dibagikan, lakukan tap pada pilihan bertuliskan Advanced Settings yang terletak di bagian pojok kiri paling bawah layar saat akan menambahkan caption (judul)
  • Tahap berikutnya, di halaman Advanced Settings, arahkan pilihan pada kategori Accessibility dan akses tombol bertuliskan “Write Alt Text”
  • Ketikkan deskripsi yang sesuai dengan gambar dan tekan tombol save (simpan)
  • Terakhir, kembali ke halaman menambahkan caption dan bagikan (share) gambar. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Anda juga bisa menambahkan deskripsi pada gambar yang telah dibagikan dengan melakukan tap pada tombol titik tiga di samping gambar > edit > lakukan tap pada pilihan ‘Edit Alt Text’ > Ketikkan deskripsi yang sesuai dengan gambar > Simpan perubahan.

Demikian ulasan tentang dua fitur Instagram yang ditujukan untuk pengguna yang mengalami gangguan penglihatan, semoga bermanfaat.

Bagikan untuk teman: