Pengertian Digital Marketing

Pemasaran Digital Adalah aktifitas atau kegiatan pemasaran dengan serangkaian cara dan teknik yang menggunakan media digital khususnya internet dengan tujuan mendapatkan traffics, data dan customer.

Pemasaran adalah serangkaian upaya untuk menyampaikan, menyebarluaskan dan menawarkan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Sedangkan digital artinya peralatan canggih yang identik dengan teknologi dan internet yang selalu berkembang dan memberikan kemudahan pada masyarakat.

Contoh-contoh media digital adalah seperti website, sosial media, e-commerce, marketplace, online payment, aplikasi dan search engine. Diantara itu semua dapat dimanfaatkan untuk membantu pemasaran produk, usaha atau bisnis yang lebih modern dan potensial karena mempunyai akses internet yang sangat cepat dan jangkauan luas.

Tujuan Digital Marketing

Tujuan Digital Marketing Adalah memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas melalui internet. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.

  • Meningkatkan Brand Awareness. Hukum pemasaran adalah semakin dikenal baik sebuah produk dan merk oleh khalayak, maka akan lebih mudah diterima oleh konsumen.
  • Membangun Database Market. Sangat penting untuk mengumpulkan database konsumen yang tepat, Database ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk penawaran iklan yang sangat efektif.
  • Analysis dan Pengembangan Digital. Setelah menentukan target, langkah selanjutnya adalah menganalisa untuk menerapkan sistem digital marketing yang paling efektif dan efisien.

Media Digital Marketing

Dalam implementasinya agar hasil yang di capai bisa maksimal, media apa saja yang harus di digunakan dalam Pemasaran Digital?