Ketahui Cara Menggunakan Instagram Shopping untuk Bisnis

Ketahui Cara Menggunakan Instagram Shopping untuk Bisnis

Instagram terus melakukan update agar fitur didalamnya semakin baik dan membantu para penggunanya. Instagram menyadari jika saat ini penggunanya tidak hanya memposting foto-foto pribadi tetapi juga memanfaatkannya untuk bisnis, maka dari itu Instagram menambahkan fitur terbarunya yaitu shopping untuk mempermudah pengunjung yang ingin berbelanja karena ketika pengunjung tap gambar produk, akan muncul harga sehingga  pengunjung dapat mengetahui harga dari produk tersebut tanpa harus bertanya lewat direct message ataupun kolom komentar.

Fitur ini hadir tetapi belum banyak yang memahami bagaimana cara penggunaannya,padahal fitur ini dapat mendorong lebih banyak penjualan. Dalam artikel ini Kami akan mengajak Anda mengenal lebih jauh dan mengetahui langkah-langkah untuk menggunakan fitur Instagram shopping.

Jadikan postingan Instagram shopping menjadi toko virtual

Jadikan postingan Instagram shopping menjadi toko virtual

Sebuah postingan dalam Instagram shopping haruslah dilihat dari segi estetika, sehingga tampilan feed pada instagram bisnis Anda dapat menarik perhatian pengunjung. Pikirkan terlebih dahulu konsep apa yang akan Anda visualkan pada Instagram bisnis seperti warna, pengaturan feed, dan kualitas foto yang Anda tampilkan haruslah HD agar terkesan professional. Tidak masalah jika Anda ingin mengedit foto sebelum di posting, karena akan menambah estetika didalamnya dengan catatan tidak merubah warna dari produk yang kan ditampilkan. Hal ini tentu dapat meningkatkan bisnis Anda.

Manfaatkan audiens yang telah terlibat

 

Jika Anda telah memposting produk yang akan dijual dengan tampilan yang menarik, Anda akan mudah mendapatkan audiens walaupun hanya sekedar tap postingan Anda untuk mengetahui info dari harga produk Anda, ataupun tap icon tas belanja untuk mengetahui lebih detail tentang produk tersebut. Jika pengunjung mengetuk info, maka mereka akan diarahkan ke URL tempat mereka dapat membeli produk.

Instagram shopping memberi kemudahan followers untuk berbelanja

 

Dengan hadirnya Instagram shopping, followers Anda dapat mengakses lebih cepat ke detail produk yang Anda jual termasuk harga, sehingga membuat followers Anda ingin mengambil keputusan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Buatlah followers Anda tertarik untuk mengunjungi website Anda dengan cara membuat stories dengan menambahkan gift swipe up dengan begitu followers Anda akan melihat semua produk yang Anda punya dengan mudah.

Periksa akun Intagram bisnis Anda memenuhi syarat atau tidak

Periksa akun Intagram bisnis Anda memenuhi syarat atau tidak

Instagram memiliki beberapa persyaratan yang cukup ketat dan itu harus Anda ikuti jika Anda ingin menggunakan fitur Instagram shopping pada akun Anda. inilah beberapa persyaratan yang diperlukan untuk menggunakan fitur Instagram shopping.

  • Bisnis Anda harus berlokasi di Kanada, Amerika Serikat, Puerto Riko, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Swedia, Belanda, Swiss, Irlandia, Afrika Selatan, Belgia, Austria, Portugal, Polandia, Yunani, Siprus, Denmark, Republik Ceko, Rumania, Norwegia, Hongaria, Bulgaria, Kroasia, Finlandia, Latvia, Lituania, Slovenia, Luksemburg, Brasil, Argentina, Meksiko, Peru, Uruguay, Paraguay, Malta, Ekuador, Panama, Belize, Republik Dominika, Australia, Selandia Baru, Jepang, atau Korea.Kami sedang mengembangkan kemitraan secara bertahap di Mesir, Israel, Turki, Algeria, Estonia, Guyana Prancis, Maroko, Reunion, Slovakia, Bolivia, Cile, Kolombia, Kosta Rika, Guatemala, Guadeloupe, Guyana, Martinik, Suriname, Hong Kong, India, Indonesia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Mayott.
  • Akun Instagram Anda harus untuk bisnis yang fungsi utamanya adalah menjual barang-barang fisik. Akun ini harus dikonversi ke profil bisnisdan bisnis Anda harus sesuai dengan kebijakan perdagangan
  • Halaman bisnis Facebook Anda tidak boleh memiliki batasan negara atau usia, dan tidak didukung Pesan untuk Membeli.
  • Profil bisnis Instagram Anda harus terhubung dengan katalog Facebook. Lihat langkah selanjutnya untuk membuat atau menghubungkan katalog Facebook Anda dengan profil bisnis Instagram Anda.

Hubungkan profil bisnis Instagram ke dalam catalog produk pada Facebook

Hubungkan profil bisnis Instagram ke dalam catalog produk pada Facebook

Bagaimana cara membuat catalog untuk produk Anda? disini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Pertama: Tambahkan Bagian Toko ke Halaman Facebook Anda
Pergi ke Halaman Bisnis Facebook Anda, dan klik tab Toko “Shop”. Jika Anda tidak dapat melihat tab Toko, Anda mungkin perlu mengubah template Anda ke template Shopping – cukup ikuti langkah-langkah ini untuk melakukannya.

  • Klik “Siapkan Toko” dan setujui Persyaratan Pedagang.
  • Masukkan alamat bisnis Anda dan klik Berikutnya.
  • Pilih mata uang untuk toko Facebook Anda dan masukkan alamat email yang terkait dengan halaman bisnis Anda. Kemudian klik Next.
  • Tambahkan nomor registrasi pajak untuk setiap negara bagian atau negara tempat Anda memiliki bisnis .
  • Klik Selesai dan Anda kemudian dapat mulai menambahkan produk ke toko Anda.

Kedua: Gunakan catalog produk di business manager

  • Buka akun business manager yang tertaut pada facebook ke profil bisnis Instagram Anda.
  • Buat catalog baru atau identifikasi catalog yang sudah ada yang ingin digunakan pada Instagram shopping.

Jika Anda menggunakan shopify atau big commerce untuk mengelola catalog produk Anda, Anda dapat memilih untuk mengatur toko di facebook langsung melalui platform tersebut. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk Anda mengelola semua catalog pada produk di satu tempat.

Akun Anda akan ditinjau oleh Instagram

Akun Anda akan ditinjau oleh Instagram

Setelah Anda mengatur toko pada facebook atau telah terhubung pada akun business manager Anda, Instagram akan meninjau akun Anda sebelum memberikan akses ke fitur shopping. Proses ini memakan waktu beberapa hari, jadi Anda harap bersabar.

Mulai posting menggunakan tag produk

Mulai posting menggunakan tag produk

Jika akun Anda telah disetjui oleh Instagram, Anda dapat mulai menambahkan tag pada produk di Instagram feed atau stories.

Mulailah dengan mengunggah gambar ke Instagram seperti biasa, tambahkan filter, edit foto, tulis keterangan dan tambahkan tagar dan tag lokasi jika diinginkan. Setelah selesai, tag produk pada foto yang Anda inginkan. Kemudian masukkan nama-nama produk yang ingin Anda beri tag pada gambar Anda, lalu pilih seperti yang muncul dalam hasil pencarian.

Setelah Anda menambahkan semua tag yang Anda inginkan dan Anda dapat menambahkan hingga 5 dalam satu postingan gambar). Klik selesai dan bagikan postingan Anda.

 

 

Bagikan untuk teman: