Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Food Truck!

Cara Memulai Bisnis Food Truck

Jika Anda menyukai makanan dan ingin memiliki bisnis sendiri, mungkin food truck dapat Anda jadikan referensi untuk memulai bisnis makanan. Food truck adalah kendaraan besar yang terdapat dapur didalamnya untuk menyajikan makanan. Awalnya mereka bermunculan di seluruh Amerika Serikat dan saat ini menjadi semakin populer. Banyak pengusaha yang memilih food truck karena untuk membeli restoran di suatu lokasi tentu sangat mahal, sedangkan food truck jauh lebih terjangkau. Tetapi sebelum Anda memulai bisnis ini, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan, apa saja? Baca ulasannya berikut ini.

Ide Makanan untuk Dijual

Ide Makanan untuk Dijual

Sebelum memulai bisnis food truck, Anda harus memiliki ide makanan apa yang akan Anda jual. Referensi tentang makanan dapat Anda cari lewat internet, atau bertanya dengan teman sesama pebisnis makanan. Yang perlu diingat adalah makanan yang Anda jual haruslah makanan yang tidak menyulitkan dan tidak membutuhkan waktu lama saat proses memasaknya, karena food truck biasanya tidak menyediakan kursi atau meja untuk menunggu. Jangan lupa untuk memberi nama untuk food truck Anda, hal ini dilakukan agar orang lain dapat mengingatnya.

Biaya Awal

Biaya Awal

Biaya awal yang Anda perlukan adalah untuk membeli food truck nya itu sendiri, setelah itu list perlengkapan yang Anda butuhkan sebelum membelinya untuk mencegah membeli barang yang tidak perlu. Biaya awal ini memanglah sangat besar jadi Anda harus mempersiapkannya dengan sangat matang.

Selanjutnya ada biaya berulang seperti biaya penggajian (jika Anda memiliki karyawan), bahan bakar, dan bahan baku makanan yang Anda harus keluarkan setiap bulan untuk gaji karyawan dan mingguan atau perhari untuk bahan bakar dan bahan baku. Setaip bisnis food truck juga harus mendapatkan lisensi dan izin yang tepat, tergantung pada lokasi Anda berjualan.

Opsi Pendanaan

Opsi Pendanaan

Memperoleh dana mungkin merupakan tantangan terbesar yang akan Anda hadapi ketika memulai bisnis food truck. Tujuan pertama Anda adalah menyusun rencana bisnis yang solid. Jika perlu Anda dapat memiliki kartu kredit pribadi, karena hal ini juga akan meningkatkan peluang Anda untuk menerima pinjaman bisnis.

Jika dana yang Anda miliki tidak banyak bahkan pas-pasan, ada cara lain yang lebih kreatif untuk Anda yang ingin berbisnis food truck seperti menyewa atau dengan membeli food truck bekas yang murah namun kondisinya maih baik dan layak untuk digunakan. Perbaiki juga sedikit tampilan truck agar terlihat menarik dengan menata peralatan dengan rapi dan selau menjaga kebersihan.

Terus Berinovasi

Terus Berinovasi

Setelah bisnis ini berjalan, Anda perlu melakukan inovasi pada menu yang Anda tawarkan. Hal ini ditujukan untuk mencegah kebosanan pelanggan terhadap menu makanan yang Anda sajikan. Jika Anda hanya memiliki satu jenis makanan, Anda dapat berinovasi dengan menawarkan berbagai macam rasa agar pelanggan dapat memilih rasa sesuai dengan selera mereka. Tambahkan juga menu tambahan seperti minuman dingin beraneka rasa atau dessert seperti ice cream.

Pilih Lokasi Tepat

Pilih Lokasi Tepat

Selanjutnya, Anda harus mencari lokasi strategis untuk bisnis ini. Carilah lokasi yang mudah dijangkau oleh orang banyak dengan lahan yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil, setidaknya terdapat tempat untuk mengantre makanan. Anda juga bisa menjadikan lahan kosong yang biasanya disewakan oleh minimarket. Jika ada event tertentu, Anda juga dapat mengikutinya dengan tujuan food truck Anda semakin dikenal. Yang terpenting adalah Anda harus rajin mencari informasi tentang event makanan sehingga Anda dapat berpartisipasi.

Untuk menambah popularitas food truck Anda, buatlah social media untuk memberikan informais kepada pelanggan tentang lokasi Anda berjualan, event yang Anda ikuti, menu baru pada food truck Anda dan lain-lain.

Demikian cara memulai bisnis food truck, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Bagikan untuk teman: